About Screen Printing & Type Printing About Screen Printing & Type Printing
Melayani Jasa Konveksi , Supplier Bahan Polos (kaos,poloshirt,hoodie,jacket,dll..) dan Jasa Sablon (no kuantiti order!) 

Rabu, 09 Februari 2011

About Screen Printing & Type Printing

1. RUBBER
obat ini berbasis air. sablonannya berupa karet dan tebal. dan jenisnya cukup banyak. bergantung ama gaya situkang sablon sewaktu nyablon. ada yang doff ada yang mengkilat ada yang tebal ada yang tipiss ..
rubber yang mengkilat dikarenakan rubber diberi campuran top coat. ada yg langsung dicampur dengan rubbernya ada pula yg disablon terakhir setelah proses sablon selesai. hasilnya bagus dan mengkilap, namun hasil sablon jadi lengket. semisal sablon dipunggung, saat kamu duduk bersandardan mau berdiri biasanya sablonan akan sedikit nempel dan bunyi ...krekeeeeeet... syukur-syukur tuh sablonan kagak lepaswekekekekek..

2. FASDEY DAN VANCY
(fasdey) yg ini juga cukup kondang! para pendekar sablon jg sering gunain ini. selain harganya murah meriah, hasil sablonnya pun tipisss.. eit! tapi jgn salah! terkadang hasil sablonannya pada awal2 selesai proses biasanya keras, baru setelah kena cuci jadi tidak terasa. hal ini bisa disebabkan banyaknya kandungan binder ( obat untuk penguat warna spy tdk luntur ) bisa juga karena kebanyakan campuran rubber ( suka ada yg dicampur rubber dikit ) obat ini terbuat dari campuran minyak tanah. jd keringnya cukup lama.
kalo obat yg kami gunain gak pake campuran minyak tanah. dan hasilnya bisa langsung lembut. campura obatnya....rahasia dhoong... hehehehe... namun fasdey hanya bisa digunain pada kain yg warnanya lebih muda dari warna sablonan nah fasdey cucok banget tuh bagi kamu yg pengen sablonan fullprint! 

3. DISCHARGE AND COLOURS DISCHARGE ( cabut warna ), 
teknisnya sama aja seperti sablon pada umumnya. tetapi discharge menghancurkan zatwarna dari kain secara gampangnya seperti kain kalo kena cairan kaporit atau obat pemutih kain.tapi hanya pada kain yg harus dicelup dg zat pewarna yg bisa dihancurkan ( zat pewarna direct atau zat pewarna reaktif netral yg terpilih dan bisa dihancurkan ) gw sarankan untuk pencucian terlebih dahulu. karena ada kemungkinan terjadi gas sulphur dioxide atau jumlah kecil hydrogen sulphor. nah! gas tadi merupakan toxic dan sangat membahayakan lingkungan. jadi dengan demikian pencucian bukan lagi saran tapi WAAJIB! ingat! jangan sampe kita menjadi salah satu penyumbang terjadinya global worming! eng.. ing.. eng.... MERDEKA! 

colours discharge yaitu pemberian warna pada discharge. jadi menghasilkan sablon/print yang menyatu dg kaindan bisa di cetak pada kain gelap. okhaey... 

4. GLITER
terbuat dari pertikel2 metal foil dicampur dg transparan. meng hasilkan cetakan yang berkilauan apabila terkena cahaya kerlap-kerlip ting! ting! ting!

5. BRONZE
metalicmirip dengan gliter, namun partikelnya lebih halus..gimana nulisnya neh! yah pokoknya taukan.. warna2 metalic perak, emas, perunggu, biru metalic, dll

6. FOIL
pernah lihat kertas mas, perak,dan warna2 metalic lainnya? Nah! foil merupakan tranfer kertas tersebut keatas kain.tapi nih kertas bukan kertas yang itu.. namun kertas khusus untuk efek foil. teknisnye cetak terlebih dahulu lem foil pada kain kemudian tempel kertas foil tersebut dan press atau disetrika jg bolehh kemudian lepas kertasnya. bagian yang terkena lem akan nempeeeellll kayak perangko hehehe

7. FLOCKING
sama seperti foil. namun flocking menghasilkan efek seperti bludru/berbulu. bagi kamu yg ingin keliatan maco bisa neh sablon flokin didada kamu.. jd kesannya dadanya berbulu.. jkakakaaka...

8. TIMBUL
yg ini jg disamain ama mas timbulnya srimulat maap ya mas... kapan kerumah? makan sate di kota gede.. wakakaka... 
sering disebut timbul/puff/foam. jenis ini biasanya penggunaannya dicampur antara puff dg rubber setelah selesai dipress/setrika maka "tung" hasil cetaknyapun akan mlentung! awas! jg disablon diperut.. ntar perut kamu bisa mlentung!!..

9. FOSFOR, GLOW IN THE DARK
menghasilkan sablon yang menyerap cahaya. nah sewaktu kamu ditempat gelap, maka cahaya akan dikeluarkansehingga nyala glow in the dark. pada umumnya warna yg dikeluarkan hijau, namun kemajauan hasil eksperimenmampu mengelurkan warna-warna lain, seperti merah, biru, orange, dll.

10. TRANSFER PAPPER
mirip lagi neh ama foil atao flocking ( proses cetaknya ). tranfer papper biasanya ad 2 jenis: pertama,kertas khusus, kedua tinta print khusus.

tinta khusus biasanya digunain untu nyetak kaos2 partai dengan kuwantitas besar. maka kertas akan di print oleh printer komputer dengan menggunakan tinta khusus, kemudian hasil printout dipress pada kain. sablonan pun jadi keren dan cepat! tapi hanya bisa digunain pada kain warna terang. 

kedua kertasnya yang khusus. inipun jenisnya ada 2; yg pertama waktu dipres kertasnya langsung nempel, jd seperti rubber bisa untuk dibikin model.. print terlebih dahulu.. lalu dipotong2 dan di press.hasilnyapun jadi lucu..
yg kedua kertasnya dilepas. namun tinta printernya bebas, berbeda ama jenis yg pertama yg menngunakan tinta khusus.

11. BUNGLON
hasil cetakannya akan berubah-ubah warnanya sesuai suhu udara kisran pada suhu 25 - 40 derajat celcius sedangkan dibawah itu akan menghasilkan warna transparan. efek akan maksimal apabila dicetak pada kain warna gelapsayangnya jenis ini sangat mahal jadi kurang berkembang.bingung! mau ngasih harga berapa? tau sendiri customers maunya kuwalitas maximal harga minimal..


12. krack
ini sablon untuk menciptakan retak2. obatnya khusus dan dicampur ama obat rubber untuk crek ini. lukas sps bandung jg punya obat ini. tokonya di jaln menuju makam ibu dewi sartika, atau dari KING terus aja hingga perempatan jalan otista tuh.. terusss aja masuk jalan yg menuju makam ibu dewi sartika. terusss aja kamu jangn menyerah.. nah tempatnya disana disebalah kanan cukup gede kok. kamu bisa liat mesin2nya juga spt rotaro curing buat plastisol dll. yg dari bandung hehehe.. pasti akan bilang dengan serempak.."dah tauuuu!!" wekekeek..

NAH! Jenis2 diatas merupakan jenis sablon dengan basis air / water base. Dan tentunya masih buaanyak lagi jenis-jenis yg laennya.. emm.. en.. rahasia dhoong.. 

13 TIE-DYE 
sebenernya teknik ini udah gak asing lagi. teknik ini teknik yg menggunakan pewarna kain dan langsung diberikan warna pada kain secara acak. dan tentunya dengan berbagai cara sehingga warna memiiki motif.
tie dye melejit saat group rock KeithMoon di tahun 1970 di cover albumnya
Meaty Beaty Big and bouncy para personilnya pake tiedye shirt..
let it ROCK!! yeaaahHHH !!!!!!


14. plastisol
berbeda dg water base yang dibahas diatas (no.1 sampai no.12), plastisol terdiri dari campuran bubuk polymer yg dilarutkan dalam pelembut biasa disebut plastizer Setelah pencetakan, proses pembentukan gel akan efektif selama polymer plastik dan pelembut bergabung jd satu dan membentuk film spt plastik yg homogen, jg nggak ada penguapan solvent selama proses fixasi penguapan air spt pada pasta berbasis air sangat bagus untuk penyablonan jenis halus spt sparasi. selain itu bisa jg menghasilkan efek2 spt pd basis air. bahkan bentuknya semakin beragam spt: 
Highdensity menghasilkan timbul namun timbulnya lebih solit tepinya, 
mutiara, fosfor, sablonan dg menghasilkan aroma buah2an apabila digosok dg tangan, efek aspal, krack, dll banyak dech..
jenis Plastisol nggak tahan ama panas bro!tapi jenis ini menghasilkan sablonan yg berpori sehingga kaos yang lu pake terasa adeemmm. soalnya keringat bisa langsung keluar.berbeda dengan jenis rubber yang menutup serat2 kain. Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar